Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita - Keputihan merupakan hal yang kerap di alami oleh wanita baik remaja ataupun wanita yang sudah menikah. Keputihan adalah sekresi vaginal yang terjadi pada wanita. Pada dasarnya keputihan yang di alami oleh wanita digolongkan menjadi dua di antaranya adalah keputihan normal  atau fisiologis dan biasanya terjadi tiap bulan dan kerap muncul menjelang mentruasi, setelah menstruasi atau pada saat wanita sedang pada masa subur. Kemudian keputihan abnormal atau patologis di mana keputihan ini disebabkan karena adanya infeksi dan biasanya mengakibatkan gatal di bagian dalam organ intim atau di sekitar miss V bagian luar.

Cara mengatasi keputihan pada wanita bisa di lakukan dengan selalu menjaga kebersihan pada area organ intim wanita. Beberapa penyebab keputihan adalah jamur, bakteri, virus atau parasit. Apabila sampai terjadi infeksi maka akan menjalar dan bisa menyebabkan peradangan di saluran kencing. Hal ini akan mengakibatkan rasa perih pada waktu wanita buang air kecil.

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Bagaiama cara mengatasi keputihan pada wanita? Seperti dikutip dari The Body bahwa cara mencegah keputihan adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mengingat beberapa penyebab keputihan juga bukan hanya dari jamur, virus atau bakteri. Pemicu lain yang bisa menyebabkan keputihan adalah karena penyakit diabetes, kehamilan, karena penggunaan antihistamin, mengalami stres, mengenakan celana terlalu ketat sehingga akan menyebabkan  lembab, atau karena sabun atau detergen yang mengandung bahan kimia.

Di bawah ini ada beberapa cara sederhana mencegah keputihan pada wanita :

1. Sebaiknya menghindari pemakaian cairan untuk pembersih organ intim. Penggunaan cairan pembersih untuk organ intim ini bisa mengubah tingkat keasaman normal pada miss V. Hal ini akan meningkatkan risiko infeksi dan bisa menimbulkan peradangan.

2. Memakai pakaian atau celana ketat juga bisa jadi salah satu penyebab keputihan. Hal ini karena dapat menghalangi aliran udara. Untuk menjaga sirkulasi udara lancar sebaiknya gunakan pakaian yang bahannya dari katun.

3. Biasakan juga pada waktu membilas miss V arahnya dari depan ke belakang. Hal ini agar terhindari dari masuknya kuman yang berasal dari anus.

4. Ketika mengeringkan bagian luar miss V setelah buang air kecil atau besar, biasakan juga menggunakan tisu atau lap handuk yang bersih.

5. Cobalah untuk tidak menggunakan pantyliners yang beraroma secara terus-menerus tiap harinya, karena hal ini juga akan menyebabkan terjadinya iritasi.

6. Kurangilah dalam mengonsumsi gula atau alkohol, hal ini dapat memicu perkembangan jamur Candida yang bisa menyebabkan keputihan pada wanita.

7. Mengonsumsi bawang putih, karena bawang putih diyakini memiliki kandungan anti jamur yang alami.

8. Konsumsi susu atau yogurt karena kandungan yogurt terdapat bakteri acidophilus yang berguna untuk membantu menjaga bakteri agar tetap seimbang.

Demikian beberapa cara mencegah atau mengatasi keputihan pada wanita yang mungkin bisa Anda coba sebagai salah cara agar terhindar dari keputihan.

Terbaru